Minggu, 27 Juni 2010

MAMFAAT MEMBACA

Manfaat Membaca July 2, 2006
Posted by admin in : Uncategorized , trackback
1. Membaca menghilangkan kecemasan dan kegundahan.
2. Ketika sibuk membaca, seseorang terhalang masuk ke dalam kebodohan.
3. Kebiasaan membaca membuat orang terlalu sibuk untuk bisa berhubungan dengan orang-orang malas dan tidak mau bekerja.
4. Dengan sering membaca, orang bisa mengembangakan keluwesan dan kefasihan dalam bertutur kata.
5. Membaca membantu mengembangkan pemikiran dan menjernihkan cara berpikir.
6. Membaca meningkatkan pengetahuan seseorang dan meningkatkan memori dan pemahaman.
7. Dengan membaca, orang mengambil manfaat dari pengalaman orang lain: kearifan orang bijaksana dan pemahaman para sarjana.
8. Dengan sering membaca, orang mengembangkan kemampuannya; baik untuk mendapat dan memproses ilmu pengetahuan maupun untuk mempelajari berbagai disiplin ilmu dan aplikasinya dalam hidup.
9.Membaca membantu seseorang untuk menyegarkan pemikirannya dari keruwetan dan menyelamatkan waktunya agar tidak sia-sia.
10. Dengan sering membaca, orang bisa menguasai banyak kata dan mempelajari berbagai tipe dan model kalimat; lebih lanjut lagi ia bisa meningkatkan kemampuannya untuk menyerap konsep dan untuk memahami apa yang tertulis “diantara baris demi baris” (memahami apa yang tersirat).
Sumber :”Don’t be Sad”, DR. Aidh bin Abdullah al-Qarni, MA
Comments»
1. adhitya, s. h. - March 4, 2007
Tergantung apa yang dibaca, dan tergantung dari kegemarannya. Misal anak kecil suka baca komik, tapi jika dia diberi bacaan tentang politik, pastinya si Anak ntu Jd bosan donkz
2. Adhitya, s. h. Sma muhammadiyah 7 sby - March 4, 2007
Finalis lomba Karya Tulis Ilmiah, dan Penulisan Surat.Telah Menjadi duta bangsa pada penyambutan pesawat BOEING 737-900 Pertama di DuniaDi jakarta, dan tinggal menunggu Konfirmasi
3. Putra - July 21, 2007
Saya butuh informasi tentang hubungan membca terhadp kemampuan menulis . Saya berharap ada yang maumembantu saya, karena saya membutuhkan data lengkap tentang hal tersebut!
4. mukti - August 8, 2007
Bagaimana cara membangkitkan gairah menulis. jika membaca pun tak ada semangat. saya berharap ada yang dapat membantu untuk memecahakan permasalahan ini.
5. admin - August 8, 2007
Pak Putra dan Pak Mukti Yth.
Membaca dan menulis adalah dua kegiatan yang akan saling menunjang. Dengan seringnya kita membaca, biasanya akan muncul ide2 atau keinginan untuk menulis.
Demikian pula, kala kita menulis…kalo mentok, jangan dipaksakan….beralih lah ke membaca dulu (baca apa saja).
Mudah2an tips sederhana ini bisa sedikit membantu.
6. mutiara - October 6, 2007
apakah peranan orang tua kita sangat penting dalam mendorong anak gemar membaca? kalau gitu, peran apa saja yang harus dilakukuan oleh para orang tua agar anak mereka gemar dalam membaca?
7. Hermawan Budi Santoso - September 3, 2008
Knowledge is power
8. fransiska - October 30, 2008
thank for your information about useful reading
9. pay - October 31, 2008
how kind of function read book
10. darma kusumah - November 15, 2008
saya butuh keterangan manfaat membaca bagi kehidupan manusia
11. dini - November 27, 2008
membaca… membaca… yes..! tapi terkadang suka jenuh juga kalau membaca buku yang agak berat dan bahasanya susah dimengerti tapi sebenernya banyak manfaatnya. nah.. jadi gimana dong biar terbiasa baca buku yang lebih bermanfaat bukan cuma komik atau novel ????
message
name email url




















































Naik Kereta Api Tut Tut Tut23-Des-2008, 23:54:19 WIB

Menyelaraskan Imajinasi dengan Berbuat22-Des-2008, 21:18:09 WIB

Sebuah Kisah tentang Ibu22-Des-2008, 15:53:51 WIB

Serba-serbi Menyambut Tahun Baru21-Des-2008, 23:12:52 WIB

Andai Presiden Kita Sehebat Harry Potter21-Des-2008, 02:13:03 WIB

Tuhan Satu Adanya dan Cinta itu Buta21-Des-2008, 02:09:42 WIB

Memperbanding-bandingkan Lia Eden dan Ibu Sumarah19-Des-2008, 12:20:33 WIB

Siapa Bilang Daendels Hanya Berikan Kesengsaraan untuk Rakyat Indonesia?18-Des-2008, 13:36:43 WIB

RESENSI BUKU: Peluru Terbaik Mendongkrak Kinerja Perusahaan17-Des-2008, 20:27:50 WIB



Serba Serbi

Membaca, Kenapa Tanya?
Oleh : Hendra Sugiantoro

30-Aug-2007, 21:55:14 WIB - [www.kabarindonesia.com]
KabarIndonesia - APA yang telah kita baca hari ini? Banyak dari kita mungkin merasa enggan untuk membuka lembaran demi lembaran buku. Entah karena apa, kita sepertinya tidak memiliki semangat untuk melahap bahan-bahan bacaan. Kerap kali kita membaca hanya sekilas lalu alias tak merampungkan bacaan sampai selesai. Membaca awal paragraf dalam buku lalu beralih ke aktivitas lain. Kita malas membaca paragraf berikutnya ataupun menuntaskan bab demi bab.

Diakui atau tidak, banyak orang pintar dan cerdas disebabkan dari rajin membaca. Membaca juga bisa membuat orang lebih dewasa. Dewasa di sini artinya memiliki pola pikir yang tidak lagi kekanak-kanakan. Dengan membaca, orang bisa memandang setiap permasalahan hidup bukan sebagai beban, namun tantangan yang harus diselesaikan. Permasalahan dalam kehidupan tidak dipandang hanya dari satu sisi, tetapi dari berbagai sisi. Orang yang memandang permasalahan hidup dari berbagai sisi biasanya lebih bijaksana dan arif dalam menjalani kehidupan.

Membaca itu penting. Pentingnya membaca ini harus kita sadari sehingga memupuk semangat kita melahap bahan-bahan bacaan. Kebiasaan membaca masyarakat Jepang bisa kita contoh dan teladani. Masyarakat Jepang boleh dibilang tak pernah sedetik pun tidak membaca. Saat menunggu bus di halte, mereka membaca. Saat antre di loket pun mereka membaca. Saat menunggu guru di kelas, mereka juga membaca. Hampir di mana-mana, masyarakat Jepang tidak pernah lepas dari bahan-bahan bacaan. Coba bandingkan dengan masyarakat Indonesia. Amat berbeda bukan?

Masyarakat Indonesia lebih senang ngerumpi dan berbudaya lisan. Lebih banyak ngelamun-nya ketimbang melakukan aktivitas membaca. Hal tersebut bisa kita saksikan dari perilaku kita sendiri. Saat menunggu bus di halte atau berganti jam pelajaran di sekolah biasanya kita hanya melongo atau paling tidak bercanda dan ngerumpi dengan teman-teman. Padahal, lima menit membaca saat menunggu bus bisa menambah wawasan pengetahuan kita. Wawasan dan pengetahuan kita semakin meningkat meskipun hanya membaca satu halaman ketika menunggu guru di kelas.

Apa manfaat membaca? Di awal sudah diutarakan beberapa manfaat membaca. Selain itu, masih banyak manfaat yang bisa kita dapatkan dari membaca. Kini yang perlu kita lakukan adalah membangun motivasi membaca (motivation to read) terlebih dahulu. Motivasi internal atau motivasi yang berasal dari dalam diri kita sendiri lebih utama. Kita juga bisa membaca riwayat hidup biografi tokoh-tokoh nasional dan internasional untuk memotivasi diri kita. Coba simak aktivitas intelektual yang mereka lakukan. Hampir semua tokoh menyukai aktivitas membaca dan seakan-akan tak bisa hidup tanpa membaca.

Setelah kita benar-benar termotivasi, maka kita perlu membuat target membaca. Buku apa yang harus dibaca hari ini? Berapa buku yang harus dibaca dalam rentang waktu seminggu? Target membaca yang kita buat dengan sendirinya akan memantapkan motivasi kita. Dengan menetapkan target membaca, maka kita berusaha membentuk kebiasaan membaca. Harus ada komitmen kuat dalam diri kita untuk mematuhi target membaca yang telah kita canangkan. Kita juga bisa menyuruh orang tua kita untuk mengontrol aktivitas membaca kita.

Membaca adalah perilaku positif. Perilaku yang harus diawali dengan pembiasaan (conditioning) sebelum akhirnya mendarah daging dalam keseharian kita. Ketika aktivitas membaca sudah menjadi kebiasaan, maka aktivitas membaca pun terus kita lakukan tanpa harus dipaksa dan diminta oleh guru atau tuntutan ujian sekolah.

Apakah membaca harus berupa buku? Membaca tidak harus berupa buku. Banyak bahan bacaan yang bisa kita baca, misalnya surat kabar. Membaca surat kabar juga penting bagi kita karena kita bisa terus mengikuti perkembangan-perkembangan aktual, baik dari dalam negeri maupun dari luar negeri. Kita akan mengetahui berita-berita aktual apa yang lagi hangat setiap harinya dengan membaca surat kabar. Kita bisa mengetahui perkembangan kasus lumpur panas di Sidoarjo, Jawa timur. Sepak terjang pemerintah SBY-JK pun bisa kita ketahui lewat membaca surat kabar. Lho, apakah kita perlu mengetahui perkembangan-perkembangan nasional? Ya, perlu, bahkan harus. Bukankah kita adalah calon-calon pemimpin bangsa yang kelak menduduki posisi kepemimpinan di negeri Indonesia ini? Kita perlu ”membaca” Indonesia melalui surat kabar agar dapat mengambil pelajaran dan pengalaman berharga. Harapannya kita tidak mengulangi kesalahan yang sama di masa mendatang. Bukankah begitu?

Nah, saatnya kita untuk membaca. Membaca apa pun. Selamat membaca.(*)


Blog: http://www.pewarta-kabarindonesia.blogspot.com
Email: redaksi@kabarindonesia.com
Big News Today..!!! Let's see here www.kabarindonesia.com


[Beritahu Teman] [Print Berita]


________________________________________
Komentar & Respon :
Nama

Komentar

Validasi



Type the two words:Type what you hear:Incorrect. Try again.

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar