Minggu, 27 Juni 2010

WANITA SHOLEHA

Ciri Istri Sholehah

tentang-pernikahan.com - Istri yang shalehah adalah yang mampu menghadirkan kebahagiaan di depan mata suaminya, walau hanya sekadar dengan pandangan mata kepadanya. Seorang istri diharapkan bisa menggali apa saja yang bisa menyempurnakan penampilannya, memperindah keadaannya di depan suami tercinta. Dengan demikian, suami akan merasa tenteram bila ada bersamanya.

Mendapatkan istri shalehah adalah idaman setiap lelaki. Karena memiliki istri yang shalehah lebih baik dari dunia beserta isinya. ''Dunia adalah perhiasan, dan sebaik-baik perhiasan dunia adalah istri shalehah.'' (HR Muslim dan Ibnu Majah).

Di antara ciri istri shalehah adalah, pertama, melegakan hati suami bila dilihat. Rasulullah bersabda, ''Bagi seorang mukmin laki-laki, sesudah takwa kepada Allah SWT, maka tidak ada sesuatu yang paling berguna bagi dirinya, selain istri yang shalehah. Yaitu, taat bila diperintah, melegakan bila dilihat, ridha bila diberi yang sedikit, dan menjaga kehormatan diri dan suaminya, ketika suaminya pergi.'' (HR Ibnu Majah).

Kedua, amanah. Rasulullah bersabda, ''Ada tiga macam keberuntungan (bagi seorang lelaki), yaitu: pertama, mempunyai istri yang shalehah, kalau kamu lihat melegakan dan kalau kamu tinggal pergi ia amanah serta menjaga kehormatan dirinya dan hartamu ...'' (HR Hakim).

Ketiga, istri shalehah mampu memberikan suasana teduh dan ketenangan berpikir dan berperasaan bagi suaminya. Allah SWT berfirman, ''Di antara tanda kekuasaan-Nya, yaitu Dia menciptakan pasangan untuk diri kamu dari jenis kamu sendiri, agar kamu dapat memperoleh ketenangan bersamanya. Sungguh di dalam hati yang demikian itu merupakan tanda-tanda (kekuasaan) Allah bagi kaum yang berpikir.''(QS Ar Rum : 21).

Beruntunglah bagi setiap lelaki yang memiliki istri shalehah, sebab ia bisa membantu memelihara akidah dan ibadah suaminya. Rasulullah bersabda, ''Barangsiapa diberi istri yang shalehah, sesungguhnya ia telah diberi pertolongan (untuk) meraih separuh agamanya. Kemudian hendaklah ia bertakwa kepada Allah dalam memelihara separuh lainnya.'' (HR Thabrani dan Hakim).

Namun, istri shalehah hadir untuk mendampingi suami yang juga shaleh. Kita, para suami, tidak bisa menuntut istri menjadi 'yang terbaik', sementara kita sendiri berlaku tidak baik. Mari memperbaiki diri untuk menjadi imam ideal bagi keluarga kita masing-masing.

(tulisan seseorang yg sedang mencari istri shalehah)


Komentar-komentar :

istri solehah holic - gresik
subhanallah....
betul itu istri sholeheh idaman setiap pria
fitrah - jatim
askum, sy masih jauh dari embel2 wanita sholehah spt di atas..selalu berjuang utk memperbaiki diri terus-menerus. pertanyaannnya adakah laki2 sholeh di dunia ini yg bersedia menjadi imam tanpa memandang umur???
gadis - semarang
sy belum lah seperti yg di sebutkan sebagai ciri istri solehah...
namun...masih dalam tahap belajar menjadi istri yang solehah...
terima kasih untuk artikelnya...semoga saya bisa menjalankannya...
Sri - Sukabumi
Terimakasih ats artikelnya. Sy sdh menikah skitar 5 bln, dan sy merasa blm menjadi istri yg solehah seperti yg dituliskan diartikel anda. Sy tunggu artikel selanjutnya agar sy bs mendptkan referensi agar bs menjadi istri yg solehah.
akhwat - kota raflesia
asslm'lkum. salam ukhuwah.....
subhanallah, istri sholehah adalah sebuah predikat yang sangat agung dan senantiasa di harapkan bagi semua wanita yang beriman. indah terdengar ditelinga dan mendamaikan hati tapi untuk itu seorang wanita harus senantiasa berusaha berbenah dan banyak belajar untuk menjadi lebih baik. menjadi seorang istri bukanlah pekerjaan mudah. tapi ini menjadi tugas besar dan PR buat kaum hawa bagaimana ia bisa menjadi istri sholehah dimata suami dan ibu terbaik buat anak2nya. trimakasih atas tulisannya, karna bisa dijadikan referensi dan renungan buat kami kaum hawa.
Imawaddati - Semarang
Assalamualaikim,
menurut saya istri sholekhah adl syurga dunia, menjadi kriteria&mencari yg spt itu sangatlah sulit apalagi dizaman era modern ini.
Istri sholekhah menghantarkan para kaum Adam menuju syurga, sungguh mulia para kaum hawa,
Seandainya suami tercinta msuk syurga/neraka maka para Istripun ikut kpdY,
Istri sholekhah ikhlas dgn Kehidupan dunia&akhirat.
Selalu menjaga kehormatan keluarganya dgn tulus ikhlas tanpa mengharapkan suatu imbalan.
>>>>>>>>>>>>>>>>>>>>>>>>>>>>>>>>>>>>>>
abi - jakarta
Subhanallah...Isteri sholeh....Alhamdulillah, isteri ane ckp dekat dg kriteria tsb. Amien...utk sharing pengalaman & wawasan silakan ke www.jangankedip.blogspot.com
nurul fajri - Tangerang
Asslkm,
Subhanallah... Istri sholehah... bnr2 dambaan setiap laki2.mdh2an saya bisa belajar untuk menjadi istri yang sholehah& bisa mendapat suami yang bertakwa agar dapat membimbing saya..

Nyumbang komentar ?
Nama :

Email : Untuk photo silahkan register di gravatar

Domisili :

:

Validasi :

Komentar :



Artikel sebelumnya ....
Istri Shalihah Penyejuk Hati

Surat Sederhana Untuk Suamiku

Istri Untuk Suamiku

Pahala Menafkahi Keluarga

Isteriku Tetap Yang Paling Cantik

Kemenangan Cinta

Ketika Cinta Bersemi Kembali

Suamiku, Bacakan Riyadlush Shalihiin Untukku

Siapa Berdoa Untuk Saya?

Mencintaimu Karena Allah Swt



________________________________________
~ Website-nya cerpen & artikel pernikahan islami serta pacaran islami (emang ada?) ~
Hak cipta selamanya oleh Allah © Subhanahu wa Ta'ala
Semua materi dapat disalin, dicetak dan disebarkan (syukur-syukur ...) dengan mencantumkan sumber situs web ini
Pujian, masukan, krititikan, cacian, hujatan : info at tentang-pernikahan dot com

Sponsored by : citra-indah.com | filzanet.com

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar